Sabtu, 17 Maret 2012

penyebab seseorang sulit berkata JUJUR

1. KEJUJURAN TIDAK DIHARGAI
Terkadang kita terpaksa harus berbohong karena kejujuran tidak dihargai oleh lingkungan kita. Bahkan pada dunia pendidikan dimana seharusnya kejujuran ditegakkan, justru hal itu tidak terbukti. Begitu juga dalam keluarga, dimana kejujuran seorang anak, bukannya mendapatkan penghargaan, tetapi malahan menerima balasan kemarahan dan hukuman dari para orangtua. Kejujuran tidak dihargai, sebaliknya kebohongan lebih mendapatkan apresiasi.

2. KEBOHONGAN MENDATANGKAN RASA AMAN
Mengapa orang-orang berlomba untuk berbohong dan sulit mengatakan hal yang jujur? Karena lingkungan memberikan rasa aman kepada kebohongan, sedangkan kejujuran menimbulkan masalah. Kebohongan lebih mendatangkan teman, sebaliknya kejujuran menciptakan permusuhan. Kebohongan menghindari kita dari hukuman, sedangkan kejujuran seringkali justru membuat kita kena hukuman. Kebohongan lebih mendatangkan keuntungan, sedangkan kejujuran menimbulkan kerugian. Bila demikian, sepertinya orang akhirnya lebih memilih hidup dalam kebohongan. Walaupun itu hanya mendatangkan rasa aman dan nyaman untuk sementara saja.  

3. DIAJARKAN UNTUK BERBOHONG SEJAK KECIL TANPA DISADARI

Bilang papa/mama tidak ada ya, nak, kalau ada yang cari!

Itulah pelajaran kebohongan kecil yang paling sering diajarkan para orangtua tanpa disadari yang berdampak sangat besar di kemudian hari. Sekali dua kali, sehingga kemudian menjadi terlatih dan fasih untuk berbohong. Lalu menjadi karakter di kemudian hari. Bila demikian, kejujuran memang menjadi barang langka, karena kebohongan sudah biasa dilakukan dan dianggap tidak apa-apa

4. BERBOHONG KARENA ITU YANG INGIN DIDENGAR ORANG
Dunia telah membuat telinga kita lebih senang mendengar kebohongan. Kebohongan membuat senyum kita mengembang. Kebohongan lebih mendapatkan pujian dan hadiah. Sebaliknya kejujuran membuat kita menjadi marah dan tidak berkenan. Kejujuran dianggap sebagai penghinaan.
Demikianlah kemudian manusia belajar dari pengalaman. Bahwa orang-orang lebih senang mendengar kebohongan, sehingga ia mulai mempraktekkan untuk mengatakan apa saja yang senang didengar orang. Padahal semua itu adalah kebohongan. . 



Jadi, pesan aku.. tinggalin aja bohong itu, ga ada untungnya,,
walaupun sakit sih, :'/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar