Minggu, 09 September 2012

Mengapa banyak plagiat?

Assalamualaikum warrahmatullahiwabarakatuh..
Mengapa plagiat terjadi? malahan meningkat akhir akhir ini,
Sebelumnya udah tau plagiat ?
Menurut wikipedia, Plagiarisme atau sering disebut plagiat adalah penjiplakan atau pengambilan karangan, pendapat, dan sebagainya dari orang lain dan menjadikannya seolah karangan dan pendapat sendiri. Plagiat dapat dianggap sebagai tindak pidana karena mencuri hak cipta orang lain. Di dunia pendidikan, pelaku plagiarisme dapat mendapat hukuman berat seperti dikeluarkan dari sekolah/universitas. Pelaku plagiat disebut sebagai plagiator.
Dalam buku Bahasa Indonesia: Sebuah Pengantar Penulisan Ilmiah, Felicia Utorodewo dkk. menggolongkan hal-hal berikut sebagai tindakan plagiarisme :
  • Mengakui tulisan orang lain sebagai tulisan sendiri,
  • Mengakui gagasan orang lain sebagai pemikiran sendiri
  • Mengakui temuan orang lain sebagai kepunyaan sendiri
  • Mengakui karya kelompok sebagai kepunyaan atau hasil sendiri,
  • Menyajikan tulisan yang sama dalam kesempatan yang berbeda tanpa menyebutkan asal-usulnya
  • Meringkas dan memparafrasekan (mengutip tak langsung) tanpa menyebutkan sumbernya, dan
  • Meringkas dan memparafrasekan dengan menyebut sumbernya, tetapi rangkaian kalimat dan pilihan katanya masih terlalu sama dengan sumbernya.
Mungkin kebanyakan ya, mlagiatin foto, atau lagu, nah kalo lagu itu biasanya artis artis, terus dia populerkan kembali..
Ngebincang bincang masalah foto, gausah ditanya lagi. Mungkin beratus ratus orang yang jadi plagiator, paling sering nih di facebook, apalagi kalo misalkan si A itu ya cakep, cantik, imut (cewe nih ceritanya) nah pasti si A itu jadi korban plagiator, jadi si plagiator itu misalkan B, nah si B ini membuat account facebook, atau twitter lah misalkan, pokoknya jejaring sosial.. nah ntar disitu make nama yang beda dari si A tadi, itu kalo si A kurang tenar, kalo tenar ya mungkin si B make nama si A. maksudnya apa tenar itu ?
Disini, tenar itu maksudnya si A udah terkenal banget kalo foto dia sering di plagiatin, coba deh kalian search di facebook, keyword: Trani Dwitasari, Trish Oktaviani Quinita Latief, Mayang Leuvenia Yudithya, segudang kannnn :o
Terus coba salah satu di add, kalo ke konfirmasi coba di tanyain, kamu plagiat kan, pasti kelabakan tuh, udah sering mah kaya gitu,, terus ngaku ngaku kalo itu dia, 'ini account asli aku, aku juga gatau banyak banget yang mlagiatin aku' terus bio nya asal isi lagi :p
Kadang kadang ya, menurut penelitian aku niihh, kebanyakan mereka tinggal nya di Bandung atau Jakarta, entah itu Plagiator nya atau korban plagiator nya.. kalo si Tirani itu sih setau ku emang dari bandung.. cari tau lewat google,,
nah ntar, kalo si plagiator udah punya temen banyak,, pasti tar ada yang minta nomer handphone, terus dia kasih, dan pacaran deh sang plagiator tadi dengan cowo, gatau siapa (ini kalo misalkan si cowo cakep)
jadi kalo ketemu foto foto yang cakep gitu, jangan langsung percaya,, jadi, buat yang ngerasa cantik, jangan naruh foto nya terlalu banyak di jejaring sosial, atau facebook.. karena dengan mudahnya si plagiator tadi copas ke computer nya, dan make new account, dengan nama yang beda :) very weird.. -___-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar