Sabtu, 05 Juli 2014

Let's Make Simple Denim Slippers (Homemade)

Punya celana jeans yang udah engga kepake? gara-gara males make, udah kekecilan, terkena noda, atau apalah itu sejenisnya yang membuat kamu ga niat lagi make jeans, jangan dibuang, masa dulu beli eh sekarang yang udah engga kepake langsung dimasukin bak sampah aja, ga etis kan? tar jeansnya nangis loh (emang bisa?) *lupakan!

Saran aku, itu celana jeans nya dibikin sendal rumah / sendal santai (slippers) aja.. ingat yah, itu sendal, khusus buat di dalam rumah aja,
Bikinnya engga ribet kok, bahannya juga bahan-bahan yang mudah dicari.

MATERIALS
1. Celana jeans yang udah tidak terpakai (yang masih terpakai juga bisa, asalkan kamu rela :p)
2. Gunting
3. Benang wol
4. Kardus (pilih yang agak kuat)
5. Sendal yang pas di kaki kamu
6. Penggaris
7. Spidol

HOW TO MAKE???
1.Bikin pola sendal dulu. Taruh sendal nya di atas kardus, terus di tandain sama spidolnya, baru kardusnya di potong sesuai dengan garis spidol itu tadi. (maaf, step yang ini lupa moto)

2.Setelah kardus yang bentuknya sama kaya sendal kamu tadi (pola), kamu taroh diatas jeans nya (bagian bawah) terus kamu ukur panjang nya yang pas dengan kardus tadi, baru potong jeans nya (usahakan jangan terlalu pas dengan kardus, beri jarak kurang lebih 2 cm)


3. Jeans yang udah dipotong tadi dibalik.

4.Terus bentuk pola sendal nya di celana jeans yang udah dipotong tadi. Kasih jarak sedikit ya:

5. Nah, kalo udah, potong aja celana jeans nya ngikut pola dari kardus itu tadi..

6. Kalo udah, dijahit ya. Itu kan ada 4 pasang tuh, nah 1 pasang ada 2 pola jeans. Sebelumnya dikasih tanda dulu kaya gini : (ingat, kasih tanda nya dari jeans bagian dalam yah)


Kalo aku sih ngejahitnya pake benang wol warna biru, jadi serasi gitu sama warna jeans nya. Terus jarum nya, aku pilih jarum buat menyulam yang gede itu ada kan? yah, pokoknya itu benang wol bisa masuk lah ke lubang jarumnya..


Terserah kamu, mau jahit dari bagian kanan ke kiri, atau kiri ke kanan, kalo aku sih, jahitnya dari kiri ke kanan. (ingat, itu pola yang dijahit bagian bawah, bukan bagian jari (atas)) *bagian bawah dijahit (kecuali dibagian tumit, sisakan sedikit untuk tidak dijahit)

Kalo pola bagian kanan dan pola bagian kiri nya udah dijahit semua (sepasang alas sendal), kamu tinggal bikin atas slippernya aja

7. Ambil kertas ga kepake, terus ukur lebar kaki bagian atasnya sama kertas itu tadi, diukur supaya engga kekecilan atau engga kegedean nantinya kalo sendalnya jadi.. nah kalo udah kegini :

Jujur, sebenernya ribet ngejelasinnya pada step yang ini..
Itu kertas ditaroh diatas jeans nya, buat ngebentuk pola atas slipper nya. Kalo udah, digunting mengikuti pola dari kertas itu, tapi tetep di kasih jarak ya..

8. Kalo udah dapet pola buat atas slipper nya, yaudah tinggal kamu jahit aja! eh iya, sebelumnya, alas yang udah kamu jahit tadi (step 6) dibalik (ingat!! kamu jahit nya juga dibalik ya jeans nya) terus atas slippernya kamu jahit sama bagian alas sendal yang belom kejahit tadi.. paham ga?
Note : atas slippernya dijahit dengan bagian alas sendal yang bagian alas kaki,
bukan alas lantai.

Bingung??
Aku jelasin,
Tadi di step 6 udah dijahit kan? yang ada 2 alas tadi, kan ada 4 pola tuh (lihat step 5) nah, 1 pasang sendal itu, ada 2 jeans yang ditempel jadi 1, supaya bisa dijahit. kalo udah dijahit 2 jeans itu tadi, nanti di dalamnya diisi kardus. Jadi dalam 1 pasang sendal, bagian kanan misal, ada 2 jeans, yang bagian atas itu untuk kaki, dan bagian bawah untuk lantai. Paham??
nah yaudah kalo udah paham, dilanjutin :)


Kan, ada tuh tadi di step 6, yang aku suruh jahit bagian bawah aja (kecuali dibagian tumit, sisakan sedikit untuk tidak dijahit), kalo bagian jari (atas) engga usah dijahit, karena jahitnya barengan sama atas slipper yang udah kamu bikin pada step ke 7 tadi,, ribet yah :'D

Lihat kan gambarnya diatas?? itu sebenernya, atas slipper yang kamu bikin polanya tadi, dijahit dengan jeans yang untuk bagian alas kaki (bukan bagian alas lantai)

NAH!! kalo udah dijahit atas slippernya, kamu balik tuh, dari dalam ke luar (ngebaliknya lewat bagian bawah (tumit) yang tidak dijahit tadi..)

9.

Kalo atas slippernya udah dijahit dengan jeans alas kaki (alas lantainya ditinggal), terus kamu jahit lagi dengan jeans bagian alas lantainya (yang tidak itu dijahit ketika kamu menjahit atas slipper dengan bagian alas kaki. (Dibalik lewat bagian tumit yang memang sengaja belum dijahit)

10. Untuk step ini, bagian dalamnya kamu isi kardus yang udah di pola tadi (ingat kan step ke 1?)
Ditekan terus sehingga bagian atasnya padat terisi dengan kardus itu tadi.


Nah, kalo kardusnya udah masuk, masih ada bagian yang belom terjahit kan? (bagian tumit)
itu tidak bisa dijahit lewat dalam, karena sisi pada bagian yang lain sudah terjahit. Jadi?? terpaksa aja kamu jahit bagian bawah (tumit (lihat gambar diatas)) kamu jahit dari luar XD
Dikreasiin aja biar keliatan bagus...

11.  Step yang ini cuman buat pemanis doang ko :3
waktu kamu gunting kain jeans nya, pasti ada benang kan yang keluar keluar gitu?? *dengan arah horizontal
Nah, benang yang arahnya horizontal itu kami tarik tarik aja, sehingga jadinya kegini :


Kalo bingung, see: (durasi ke 1:18)



Dan, TARAAAAAAAAAAA, well done..



Note : Di step ke 7, 8 dan 9 emang agak ribet dan pasti kalian bingung. Kalo masih belum jelas/bingung, comment aja. Atau tanya di @fatimahtrna

Selamat mencoba :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar