Sabtu, 10 Januari 2015

Musik Macam Apa??

Iya mungkin ada beberapa yang ga suka sama postingan ini, gamasalah lah yah, yang penting aku udah bisa ngeluarin suara tentang musik yang ga enak didengerin di zaman sekarang (walaupun cuman ngeposting di blog pribadi) yaahh berarti ego ku tinggi dong?? tapi kan semua orang bebas mengeluarkan suara.. udah abaikan ajalah..

Aku liat, makin kedepan, permusikan Indonesia makin ancur aja..
Kirain nih yah, makin kedepan, permusikan Indonesia be much better dari yang sebelumnya.. Tapi jujur loh yah musik zaman dulu tuh, sekitaran musiknya mba Nike Ardila. Tahun 90-an yah?? iya kalo gasalah seperti itu.. aku suka loh, walaupun yaah hampir jarang lah ngedengerin lagunya.. Tapi tetanggaku hampir tiap pagi muter musik tahun 90-an terus.. makanya aku juga keikut suka :p
Hampir aja aku mau ngebahas lebih lanjut masalah musik tahun 90-an...

Ohiya,
Kalian tau musik zaman sekarang yang liriknya aduh banget itu? parah..
Tau lirik yang kayagini ga :
"Mari semua dansa denganku 
Dekap aku dan hanyutkanku 
Dengan irama yang menggoda 
Melepaskan hasrat dirimu" (hasil copy paste nih) gila itu lirik lagu apa apa sih.. vulgar bener liriknya *facepalm*

Terus ada juga nih lirik yang kayagini :
"Ku hamil duluan sudah tiga bulan gara-gara apalah itu liriknya aku lupa"
 Ini sumpah gapenting banget!! Demi apa dia bikin musik yang liriknya tuh nyeritain kalo dia hamil diluar nikah.. Ini aib woy gausah diumbar-umbar, seakan-akan dia bangga sama apa yang dia lakuin, hamil, tapi diluar nikah. Terus-terus banyak lagi yang suka sama musik macam itu, aku sering dengerin itu musik, yang dengerin musiknya tuh kayaknya cowo umur 30-an atau 20-an lah.. iya sekitaran itu, dan mukanya tuh mesum banget, haha tampang mesum, et et tapi ga cuman yang seumuran itu aja loh, anak kecil pun juga suka dengerin itu, iya waktu aku nemenin Mama ke pasar, ketemu sama anak kecil kira-kira TK nol besar yang joget joget sambil nyanyi ngikutin lagunya itu, oohh ternyata orangtuanya nih yang salah.. muterin lagu itu buat anaknya.. demi apa yah.. kasihan anak nya kecil-kecil udah tau masalah orang gede *facepalm parah*

Terus ada juga nih lirik yang familiar banget sama kalian, iya pastinya iya aku yakiinnn x_x
"Sakitnya hatiku
Hancurnya jiwaku
Di depan mataku
Kau sedang bercumbu

Sakitnya tuh disini
Didalam hatiku
Blah Blah Blah"
Ini orang kayanya bikin musik, liriknya ngambil dari diary dia deh.. Itu, dia kayak curhat gitu. Terus ada kalimat "Kau sedang bercumbu" itu gimana kalo ada orang dewasa muterin musik ini, lagian juga di TV sering kan yah orang muterin musik ini, aku nebah yah, biasanya diacara musik pagi (if u know what i mean) lagu ini gapernah ketinggalan.. Cie tau, pasti sering nonton. Engga lah yah, boro-boro nonton acara begituan di TV, pagi-pagi aja aku udah disibukkan dengan pekerjaan rumah, bersih-bersih, kan cewe.. Balik ke yang tadi, anak kecil tau/denger lagu ini karena siapa? terus kalo dia tau liriknya yang (maaf) ga senonoh itu (sama kayak lirik-lirik lagu diatas) yang rugi siapa? dampaknya ke siapa aja? Bakalan penasaran dia dengan lirik-lirik itu.. atau dia nanya ke mamah atau kakaknya atau ayahnya.. "Bercumbu itu apa?" Terus gimana kalian mau jawab gimana?? masa iya kamu mau ngejelasin?? atau bilang kamu gaboleh tau ya, itu bukan urusan anak kecil. Urusan kelar. Idih, engga se-simple itu juga kali.. anak kecil itu yah kalo rasa penasarannya udah tinggi banget, apalagi kalo dia jago main internet, bisa dibuka apa itu yang dia tanyain tadi.. dan gawatlah semuanya..

Mungkin tiga musik aja yang aku bahas, maaf banget buat yang tersinggung.
Mungkin juga lebih banyak kali yah musik yang amburadul banget.. Kalo bikin musik buat ngincer ketenaran tapi musiknya yang ga bermanfaat banget ya lebih baik ndak usah lah yah, satu orang aja bisa berdampak lebih buat yang lain.. mati satu tumbuh seribu.. jadi yang lain mikir, "ah, dia bisa terkenal cuman gara-gara musik yang liriknya gitu banget, okay aku ikutan.. kalo dia bisa kenapa aku engga" yah, makin banyak deh musik yang isinya ga bermanfaat.. jadi amburadul parah deh permusikan di Indonesia..

Coba deh kalian lihat, kalo liriknya udah mesum kayak gitu, coba deh denger nadanya gimana, keikut mesum juga pasti, terus coba lagi deh liat official videonya yang pasti aja main paha sama dada.. main goyang-goyangan segala lagi. terus kalian bisa ngelanjutin pikiran kalian, gimana lagi sesudah itu.. duh itu siapa sih yang punya selera musik begituan :(

Rata-rata nih, musik yang lagi populer tuh juga hampir semuanya tentang CINTA. Duuhh, pemasaran musik di Indonesia kok gini banget yah..
Ayuk coba kita lihat lirik musik dibawah ini,

Nada-nada yang minor 
Lagu perselingkuhan 
Atas nama pasar semuanya begitu klise

Elegi patah hati 

Ode pengusir rindu
Atas nama pasar semuanya begitu banal

Reff:Oh oh… 

Lagu cinta melulu 
Kita memang benar-benar melayu 
Suka mendayu-dayu
Apa memang karena kuping melayu 

Suka yang sendu-sendu 
Lagu cinta melulu
lagu cinta melulu 

Kita memang benar-benar melayu  
Suka mendayu-dayu

Okay, itu barusan tadi lagunya Efek Rumah Kaca judulnya Cinta Melulu..
Kebetulan itu lagu favorit saya, hanya sebagai cambukan buat pasar musik di Indonesia..
Lagu paling sukses yang menjadi single pertama Efek Rumah Kaca. Menceritakan tentang pasar musik di indonesia yang lagu-lagunya semua bertema cinta. Menyindir semua penikmat musik, band, dan para pencipta lagu zaman sekarang. Bisa dilihat dari liriknya:  
‘Nada-nada yang minor, 
lagu perselingkuhan, 
atas nama pasar semuanya begitu klise.. 
Elegi patah hati, 
ode pengusir rindu, 
atas nama pasar semuanya begitu banal.. 
Lagu cinta melulu, 
apa memang karna kuping melayu? 
suka yang sendu-sendu..’~
Oke, di beberapa lagu ERK juga ada yang temanya cinta. Tapi, plis dipahami liriknya dan maknanya. Berlebihankah? Klise? Temanya cinta yang gitu-gitu aja?




Ya, barangkali ada lah yah yang punya pola pikir sama kaya aku,, TOS DULU KITA!! KITA SATU GENRE, TEMAAANN.. SIAPAPUN ITU!!

Finally, yuk open ur mind together.. Seneng deh kalo ada 1 orang aja yang sadar kalo musik zaman sekarang makin nyeleneh.. Banyak yang sadar tapi ga banyak yang ninggalin ya percuma aja :(

Ending nih,, Guys, put ur ears and brain back to the right places.
Sengaja aja text nye digedein, biar yang baca semakin peka, problem? ;p

Tidak ada komentar:

Posting Komentar